Jumat, 05 Oktober 2012

teori kognitif Lewin



Kurt Lewin
         Lewin menggambarkan manusia sebagai pribadi berada dalam lingkungan psikologis, dengan pola dasar hubungan tertentu. Pendekatan matematis yang dipakai Lewin untuk menggambarkan ruang hidup disebut topologi. Fokusnya adalah saling hubungan antara segala sesuatu di dalam jiwa manusia, hubungan antara bagian dengan bagian dan antara bagian dengan keseluruhan, lebih dari sekedar ukuran dan bentuk.
·         Struktur Kepribadian
Kenyataan psikologi yang selalu
dipegang Lewin adalah bahwa pribadi itu selalu ada dalam lingkungannya,pribadi tak dapat dipikirkan lepas dari lingkungannya.
-          Pribadi
Lewin menggambarkan daerah pribadi dengan lingkaran tertutup, menunjukkan bahwa pribadi adalah kesatuan yang terpisah dari hal lain didunia tetapi menjadi bagian dari dunia.
-          Lingkungan Psikologis
Selanjutnya untuk menggambarkan kenyataan psikologis yaitu dengan cara melukiskan gambaran-gambaran pribadi tadi.
-          Ruang Hidup
Ruang hidup adalah totalitas realitas psikologis yang berisikan semua fakta yang dapat mempengaruhi tingkah laku individu pada suatu saat. Dengan kata lain, tingkah laku adalah fungsi dari pada ruang hidup.
·         Dinamika Kepribadian
Di dalam membahas dinamika kepribadian, terdapat pengertian-pengertian pokok yang digunakan Lewin, diantaranya:
-          Energi
Lewin berpendapat bahwa tiap gerak atau kerja itu pasti mempergunakan energi. Pribadi dipandangnya sebagai system energi. Energi yang menyebabkan kerja psikologis disebutnya energi psikis.
-          Tegangan
Tegangan adalah keadaan pribadi, keadaan relative daerah dalam pribadi yang satu terhadap daeryang lain. Terdapat dua sifat, pertama, tegangan cenderung menjadi seimbang, dan yang ke dua, kecenderungan untuk menekan bondaris system yang mewadahinya.
-          Kebutuhan
Kebutuhan merupakan keadaan atau sifat pribadi yang menyebabkan meningkatnya tension. Hal ini dapat berupa, keadaan fisiologis (haus, lapar, dsb), keinginan akan sesuatu (baju, mobil, dsb), dan keinginan mengerjakan sesuatu ( bermain bola, nonton, dsb).
-          Valensi
Valensi adalah nilai region dari lingkungan psikologis bagi pribadi. Valensi positif dapat mengurangi ketegangan pribadi, sebaliknya valensi negative dapat meningkatkan ketegangan pribadi.
-          Vector
Vector merupakan hal yang mendorong pribadi untuk bergerak dalam lingkungan psikologisnya. Suatu gerakan terjadi apabila ada kekuatan yang cukup besar mendorong pribadi. Kekuatan itu berkoordinasi dengan kebutuhan, tetapi bukannya tegangan.
-          Lokomosi
Lokomosi merupakan perpindahan lingkaran pribadi. Bisa berupa gerak fisik atau perubahan focus perhatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar