Jumat, 05 Oktober 2012

perbedaan psikoanalisa behaviour humanistik


Perbedaan dari Teori Psikoanalisa, Behavioris, dan Humanistik

Psikoanalisa
Behavioris
Humanistik
·      Psikoanalisa memiliki dua asumsi dasar bagaimana memandang manusi, yaitu manusia dipandang sebagai  bagian dari binatang dan bagian dari system enerji. Sebagai binata

psikoterapi Freud



 FREUD
Psikoterapi dari pendekatan Freud timbul akibat adanya psikopatologi yang terjadi atau dialami oleh seorang individu diantaranya konflik dan defense. Semua psikopatologi berhubungan dengan usaha seseorang untuk memenuhi insting-insting yang terfiksasi, yaitu individu masih terus menerus mencari pemenuhan akan kebutuhan seksual dan agresi. Insting seksual ini tidak selamanya negatif, ada juga insting seksual yang positif seperti berkasih saying atau memberikan kasih saying.
Ketika pemenuhan instingnya yang terhambat

Teori Behavioristik



PENDEKATAN BEHAVIORISTIK

            Latar belakang teorinya adalah teori belajar (theory of learning), yang intinya adalah learning proces dan dan conditioning response. Kalau dalam pendekatan psikoanalisa, orang dikatakan sakit (abnormal) itu adalah ketika depense nya bocor yang menyebabkan kecemasan. Sedangkan menurut pendekatan behavioristik orang sakit itu, adalah perilaku yang salah akibat proses belajar yang salah, penyelesaiannya mengacu epada proses learning itu sendiri. Contohnya, anak yang melihat

teori kognitif Lewin



Kurt Lewin
         Lewin menggambarkan manusia sebagai pribadi berada dalam lingkungan psikologis, dengan pola dasar hubungan tertentu. Pendekatan matematis yang dipakai Lewin untuk menggambarkan ruang hidup disebut topologi. Fokusnya adalah saling hubungan antara segala sesuatu di dalam jiwa manusia, hubungan antara bagian dengan bagian dan antara bagian dengan keseluruhan, lebih dari sekedar ukuran dan bentuk.
·         Struktur Kepribadian
Kenyataan psikologi yang selalu

teori kognitif Rogers



Carl Rogers
            Pendekatan dari Rogers menekankan pandangan bahwa tingkah laku manusia hanya dapat difahami dari bagaimana dia memandang realita secara subjektif. Pendekatan ini juga berpendapat bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk menentukan nasibnya sendiri, bahwa hakekat yang terdalam dari manusia adalah sifatnya yang bertujuan, dapat dipercaya, dan mengejar kesempurnaan diri. Rogers sangat kuat memegangi asumsinya, bahwa manusia itu bebas, rasional, utuh, mudah berubah, subyektif, proaktif, heterostatis, dan sukar dipahami.
·         Struktur Kepribadian
Konsepsi-konsepsi pokok dalam teori Rogers adalah:
-   Organism, yaitu keseluruha

teori humanistik Maslow



Abraham Maslow
            Humanisme yakin bahwa manusia memiliki di dalam dirinya potensi untuk berkembang sehat dan kreatif, dan jika orang mau menerima tanggung jawab untuk hidupnya sendiri, dia akan menyadari potensinya, mengatasi pengaruh kuat dari pendidikan orang tua, sekolah, dan tekanan sosial lainnya.
·         Struktur Kepribadian

teori belajar Skinner

B. F. Skinner

Skinner beranggapan bahwa kemampuan memanipulasi kehidupan dan tingkah laku manusia merupakan bukti kebenaran suatu teori. Lebih penting lagi, tingkah laku manusia harus dikontrol karena manusia telah merusak dunia yang ditinggalinya dengan memakai ilmu dan teknologi dalam memecahkan masalahnya.

   Skinner memahami dan

teori belajar Bandura

Albert Bandura

Menurut Bandura Teori Belajar Sosial (Social Learning) menekankan bahwa kondisi lingkungan dapat memberikan dan memelihara respon-respon tertentu pada diri seseorang. Asumsi dasar dari teori ini yaitu sebagian besar tingkah laku individu diperoleh dari hasil belajar melalui pengamatan atas tingkah laku yang ditampilkan oleh individu-individu lain yang menjadi model.

Bandura menyatakan bahwa

teori psikodinamika Jung

Carl Gustav Jung
Jung memandang tingkah laku manusia diicu bukan hanya oleh masa lalu tetapi juga oleh pandangan orang mengenai masa depan, tujuan, dan aspirasinya. Pandangan Jung bersifat purposive-mecanistic, event masa lalu dan antisipasi masa depan dapat mempengaruhi tingkah laku.
·        Struktur Kepribadian
Jung tidak berbicara tentang

teori psikodinamika Freud


Teori Psikodinamika

Sigmund Freud

Perhatian khusus Freud terhadap neurology mendorongnya mengadakan spesialisasi dalam perawatan orang-orang yang menderita gangguan syaraf. Untuk mempertinggi kecakapannya Freud belajar selama satu tahun kepada seorang ahli penyakit jiwa Perancis yang terkenal yaitu Jean Charcot.

· Struktur Kepribadian

Menurut Freud kepribadian terdiri atas